Rabu, 15 Februari 2017

CARA NAIK BANGKOK MASS TRANSIT SYSTEM (BTS) ATAU SKYTRAIN DI BANGKOK, THAILAND


Bangkok Mass Transit System (BTS) atau juga dikenal dengan nama BTS Skytrain merupakan sistem transportasi masal yang ada di Bangkok, Thailand. Cara naiknya hampir sama dengan cara naik Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura.

Baca juga:
CARA NAIK MASS RAPID TRANSIT (MRT) DI SINGAPURA (SINGAPORE)

cara menuju ke stasiun BTS bangkok
Stasiun BTS Mo Chit

Ada beberapa opsi yang bisa kita gunakan untuk naik Bangkok Mass Transit System (BTS) ini. Bagi yang hanya sesekali menggunakan BTS, disarankan membeli tiket sekali jalan. Jika kalian kemungkinan akan sering menggunakan BTS dalam sehari, One-Day Pass lebih disarankan. Dan untuk yang tinggal di Bangkok dalam waktu cukup lama, bisa memilih opsi Rabbit Card dan 30-Day Pass karena harganya bisa jauh lebih murah.

Cara Naik Bangkok Mass Transit System (BTS) dengan Tiket Sekali Pakai


1. Pertama, kalian harus tahu stasiun mana yang ingin kalian tuju karena stasiun tujuan ini akan menentukan tarif tiket yang harus kalian bayar. Di setiap stasiun, ada peta jalur Bangkok Mass Transit System (BTS) beserta tarif-tarifnya, jadi kalian tidak perlu kesulitan dalam mencari informasi.

rute bangkok skytrain bts

Baca juga: 
BANGKOK MASS TRANSIT SYSTEM (BTS): RUTE, HARGA, DAN JADWAL


2. Selanjutnya, jika kalian ingin membeli tiket dan tidak mempunyai uang yang sesuai dengan jenis uang yang bisa diterima mesin tiket, kalian bisa menukar uang kalian pada loket "Change" yang memang khusus untuk penukaran uang. Di sini, kalian akan mendapatkan koin sejumlah uang yang kalian tukarkan. Jangan khawatir, stok uang koin di loket tersebut tidak rawan habis karena jumlahnya sangaaat banyak.

cara naik bangkok skytrain bts

3. Setelah mendapatkan uang kecil, kalian bisa menuju mesin tiket. Mesin ini bisa menerima pecahan THB 1, THB 5, dan THB 10. Pilih tarif sesuai dengan tarif tujuan kalian (seperti yang kalian lihat seperti pada nomor 1) dengan menekan salah satu dari tombol-tombol yang menunjukkan tarif-tarif Bangkok Mass Transit System (BTS).

cara naik bangkok mass transit system

4. Masukkan koin pada lubang koin yang tersedia, bisa sesuai atau lebih dari jumlah tarif kalian.

cara mudah naik BTS skytrain di bangkok

5. Setelah uang masuk semua, mesin akan memprosesnya dan tiket akan keluar beberapa detik kemudian.

cara membeli tiket BTS Skytrain di bangkok

6. Jangan lupa ambil kembalian jika ada.

cara membeli tiket sekali jalan BTS Skytrain di bangkok

7. Ulangi proses dari nomor 3 hingga 6 jika kalian ingin membeli tiket lagi karena mesin ini hanya bisa melayani pembelian tiket satu per satu.

8. Setelah tiket di tangan, kalian bisa menuju peron sesuai dengan line dan jurusan yang telah kalian beli tadi. Masukkan tiket (perhatikan, anak panah pada tiket harus menunjuk ke atas) pada lubang di bagian depan mesin di pintu masuk peron. Setelah kartu dipindai, dalam waktu sedetik kartu akan muncul di lubang lain di bagian atas mesin. Ambil kartu dan masuklah melewati pagar peron.

harga tiket BTS skytrain bangkok

lokasi stasiun BTS skytrain bangkok

9. Simpan tiket kalian dengan aman karena tiket ini diperlukan untuk keluar peron.

10. Dari sini, kalian bisa langsung naik ke dalam Bangkok Mass Transit System (BTS). Di dalam BTS, terdapat petunjuk denah dan petunjuk suara yang menunjukkan kalian akan atau sedang berhenti dimana. Kalian juga bisa memanfaatkan peta kecil di bagian belakang tiket untuk membantu menghafal stasiun-stasiun yang telah dilewati.

peta bangkok mass transit system bts skytrain

11. Keluar dari Bangkok Mass Transit System (BTS), kalian tinggal mengikuti petunjuk ke arah pintu keluar. Setelah itu, seperti di awal, kalian hanya perlu memasukkan tiket pada lubang di bagian depan mesin. Hanya saja kali ini, tiket tidak lagi keluar tapi dimakan oleh mesin. Selanjutnya, kalian tinggal melewati pintu pagar dan ya, kalian sudah tiba di tujuan kalian.



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PHUKET – BANGKOK, THAILAND 6 HARI 6 MALAM (6D6N): HARI KELIMA (19 AGUSTUS 2016)

CARA NAIK CITY LINE (AIRPORT RAIL LINK) DI BANGKOK, THAILAND

TIPS NAIK TUK-TUK DI BANGKOK, THAILAND

PENGALAMAN NAIK PERAHU TURIS (TOURIST BOAT) MELINTASI SUNGAI CHAO PHRAYA, BANGKOK, THAILAND


Tidak ada komentar:

Posting Komentar