Rabu, 15 Februari 2017

REVIEW BARU DUA BEACH HOTEL, BANYUWANGI: PENGINAPAN PINGGIR LAUT SUPER MURAH DI BANGSRING


Banyuwangi memang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang pemerintah daerahnya sangat peduli dalam memajukan sektor pariwisatanya. Selain perbaikan yang dilakukan di banyak sisi, pemerintah rupanya juga sangat getol dalam melakukan promosi. Seiring dengan itu, mulai banyak pula tempat-tempat wisata baru yang bermunculan.

Salah satu kawasan wisata yang telah lama dibuka dan sudah termasyur di kalangan para traveler adalah Pulau Tabuhan. Pulau ini—biasanya dijadikan satu paket wisata dengan Pulau Menjangan yang termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat oleh para agen travel—dapat dituju dari Pantai Watudodol atau Pantai Bangsring yang sama-sama terletak tepat di pinggir jalan yang menghubungkan Kabupaten Situbondo dengan Pelabuhan Ketapang. Dengan lokasi yang sestrategis itu, rasanya tak afdol jika sarana prasana penunjangnya tidak tersedia dengan baik.

Salah satu yang bisa dibilang sangat penting adalah ketersediaan penginapan. Dan kalian ternyata tidak perlu khawatir karena jika kalian sedang merencanakan untuk berwisata ke Pulau Tabuhan (dan Pulau Menjangan) dan ingin menginap di daerah ini, ada beberapa pilihan hotel yang bisa kalian temukan di sepanjang perjalanan dari pantai-pantai tersebut hingga ke Pelabuhan Ketapang.

Dan di antara hotel-hotel tersebut, ada satu nama hotel yang menurut kami cukup recommended. Namanya adalah Baru Dua Beach Hotel.

review baru dua beach hotel banyuwangi

Hotel ini bisa ditempuh kurang dari satu jam dari batas wilayah Kabupaten Situbondo – Banyuwangi dan hanya sekitar tujuh menit dari Pelabuhan Ketapang. Jika kalian dari arah Situbondo, Baru Dua Beach Hotel ini berada di kiri jalan.

alamat baru dua beach hotel banyuwangi
Hotel tampak dari depan

lokasi baru dua beach hotel banyuwangi
Pintu masuk ke lobi

Bagi kalian yang hendak menyeberang ke Pulau Tabuhan atau Pulau Menjangan dari Pantai Watudodol atau Pantai Bangsring, perjalanan kalian pun akan sangat mudah karena jarak Pantai Watudodol dari Baru Dua Beach Hotel adalah sekitar 1,3 km (2 menit berkendara) dan jarak Pantai Bangsring dari Baru Dua Beach Hotel adalah sekitar 7,5 km (15 menit berkendara). Jadi jika kalian harus pagi-pagi tiba di Pantai Watudodol maupun Pantai Bangsring, kalian tidak perlu khawatir terlambat karena jarak tempuh yang sangat dekat ini.


Bangunan utama dari Baru Dua Beach Hotel ini cukup besar, yaitu terdiri dari tiga tingkat, dengan keseluruhan 22 kamar dari berbagai tipe. Jika kalian pergi ke sana dengan membawa mobil, kalian pun tak perlu khawatir karena tempat parkirnya juga cukup luas. Selain itu, masih ada dua bangunan lain, yaitu bangunan yang bersatu dengan lobi dan bangunan entah apa yang memiliki musala di bagian belakangnya.

pengalaman menginap di baru dua beach hotel banyuwangi
Halamannya sangat luas

pengalaman tidur di baru dua beach hotel banyuwangi
Bangunan yang bersatu dengan lobi

cara menuju baru dua beach hotel banyuwangi
Musala

Salah satu keasyikan dari Baru Dua Beach Hotel ini adalah, selain berada pas di tepi jalan raya, hotel ini juga berada pas di tepi laut. Jadi, jika kalian masuk ke halamannya, kalian akan melihat tempat terbuka yang langsung mengarahkan pandangan kalian ke laut. Di satu sisi halaman juga terdapat dua buah gazebo yang bisa semakin menambah nikmatnya suasana di hotel ini. Kursi-kursi untuk bersantai juga tampak di beberapa titik.

jalan menuju baru dua beach hotel banyuwangi
Hotel ini tepat di tepi jalan raya

akses menuju baru dua beach hotel banyuwangi
Jalur masuk ke halaman dan gazebo

harga menginap di baru dua beach hotel banyuwangi

penginapan hotel murah di banyuwangi

Di dekat gazebo ada sebuah pintu kecil dengan tangga menurun, yang mengarah ke sebuah teras semen kecil di balik pagar. Tempat ini cocok digunakan untuk berfoto dengan nuansa tepi laut tanpa terhalang oleh pagar. Tapi kalian tetap harus berhati-hati ya karena teras semen ini langsung bersebelahan dengan pinggiran laut lepas yang penuh dengan bebatuan.

penginapan hotel murah di bangsring banyuwangi

Kabar baiknya adalah, Baru Dua Beach Hotel ini memiliki tarif yang sangat kompetitif. Inilah daftar beberapa jenis kamar yang ditawarkan di hotel ini.

*Jika kalian menggunakan ponsel, gunakan mode "screen rotation" atau "rotasi layar" untuk melihat tabel dengan sempurna.
No
Jenis Kamar
Harga
Fasilitas
Nomor Kamar
1
Deluxe
IDR 375.000
TV, AC, Kulkas, Spring Bed, Sarapan, Kopi/Teh, Sabun Hotel, Air Panas
101, 102, 103, 104
2
Superior
IDR 260.000
TV, AC, Spring Bed, Sarapan, Kopi/Teh, Sabun Hotel
201, 202, 203, 204, 205, 206, 207, 401, 402
3
Standard Superior
IDR 240.000
TV, AC, Spring Bed, Sarapan,Kopi/Teh, Sabun Hotel
403, 404
4
Standard
IDR 125.000
TV, Kipas Angin, Spring Bed, Sarapan, Kopi/Teh, Telepon
301, 302, 303, 304, 305, 306, 307

Keterangan:
Semua kamar adalah untuk dua orang.
Extra Bed: IDR 40.000
(Data per 18 April 2016, Sumber: Baru Dua Beach Hotel)

Saat kami kesana dulu, kami memesan kamar yang paling murah, yaitu tipe Standard, dengan sistem go show. Mungkin karena saat itu low season, kami mendapatkan diskon 20% sehingga harga yang harus kami bayar untuk tipe kamar tersebut hanyalah seharga IDR 100.000 per malam. Pemesanan kamar di Baru Dua Beach Hotel ini pun juga bisa dilakukan melalui Traveloka (per 15 Februari 2017).

Baca juga:
CARA MEMESAN HOTEL DI TRAVELOKA

daftar penginapan murah di banyuwangi

bagaimana cara menuju baru dua beach hotel banyuwangi

ulasan baru dua beach hotel banyuwangi
Suasana lobi

Untuk harga semurah itu, kamarnya memang tidak bisa dibilang sangat bagus dan tentu juga tidak mewah. Tapi kalau hanya untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat, menurut kami sih tetap nyaman-nyaman saja. Kamarnya lumayan luas dengan tempat tidur yang empuk, kamar mandi dalam, televisi, dan kipas angin.

fasilitas baru dua beach hotel banyuwangi

hotel baru dua beach banyuwangi

hotel baru dua beach banyuwangi hotel murah

Untuk mendapatkan pemandangan yang bagus, kami menyarankan untuk memilih kamar di lantai dua atau tiga.

tarif hotel baru dua beach banyuwangi
Suasana lantai dua

harga hotel baru dua beach banyuwangi

Selain kamar, pelayanan di Baru Dua Beach Hotel ini pun bisa dibilang cukup memuaskan. Meskipun saat itu petugas yang kami temui hanya satu (mungkin karena low season jadi petugasnya dikurangi), kami dilayani dengan baik dan ramah. Bahkan saat kami hendak menikmati sore dengan minum kopi pun, petugas tersebut dengan senang hati menawarkan diri untuk membuatkan dan mengantarkannya ke tempat kami duduk-duduk di gazebo.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali petugas Baru Dua Beach Hotel telah mengantarkan sarapan berupa nasi dalam bungkus styrofoam dengan lauk ayam suwir, oseng tahu kacang panjang, kerupuk, serta segelas kecil teh hangat.

sarapan di hotel baru dua beach banyuwangi

menikmati sunrise di baru dua beach hotel banyuwangi

Karena yang disediakan secara gratis di Baru Dua Beach Hotel ini hanya sarapan (kami tidak tahu apakah bisa memesan makanan juga di hotel ini), jika kalian ingin menikmati makan malam yang murah, kalian bisa keluar dari hotel dan berkendara menuju ke Alun-Alun Taman Sritanjung yang dapat ditempuh dengan kendaraan selama 30 menit. Di alun-alun ini terdapat banyak makanan yang harganya terjangkau, beberapa di antaranya adalah makanan khas Banyuwangi, seperti Nasi Tempong dan Rujak Soto.

Pada pagi hari, kami mengajurkan agar kalian segera bersiap-siap menuju ke teras yang mengarah ke laut karena pemandangan matahari terbit (sunrise) dari tempat ini cukup indah. Atau jika kalian tidak ingin menikmatinya di Baru Dua Beach Hotel ini karena mungkin terburu-buru untuk segera berangkat ke Pantai Watudodol atau Pantai Bangsring, kalian bisa menikmati matahari terbit ini dalam perjalanan menuju ke pantai, yaitu dari Patung Gandrung, yang, lagi-lagi, tempatnya sangat dekat dengan hotel.

menikmati matahari terbit di baru dua beach hotel banyuwangi

pemandangan indah di sekitar baru dua beach hotel banyuwangi

Fasilitas Baru Dua Beach Hotel Banyuwangi


- Sarapan
- Wi-Fi gratis, tapi jangkauannya hanya di sekitar lobi, tidak sampai kamar
- Tempat parkir luas

Kelebihan


- Akses mudah, terletak di pinggir jalan negara yang menghubungkan Situbondo – Banyuwangi
- Harganya relatif murah
- Petugasnya ramah
- Dekat dengan Pelabuhan Ketapang dan Alun-Alun Taman Sritanjung
- Dekat dengan Pantai Watudodol dan Pantai Bangsring (titik penyeberangan menuju Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat)
- Pemandangannya menyenangkan karena berada tepat di tepi laut, bagus untuk melihat matahari terbit (sunrise)

Waktu Operasional


- Check-out: 12:00 - 13:00

Destinasi Terdekat


- Pantai Watu Dodol
- Pantai Bangsring
- Pulau Tabuhan

Cara Menuju Baru Dua Beach Hotel Banyuwangi


a. Dari Stasiun Banyuwangi Baru

- Naik bus arah ke Situbondo turun di depan Baru Dua Beach Hotel

b. Dari Pelabuhan Ketapang

- Menyeberang jalan
- Naik bus arah ke Situbondo turun di depan Baru Dua Beach Hotel

c. Dari Terminal Blambangan

- Naik bus arah ke Situbondo turun di depan Baru Dua Beach Hotel

d. Dari Terminal Sritanjung

- Naik bus arah ke Situbondo turun di depan Baru Dua Beach Hotel

e. Dari Bandara Blimbingsari

- Naik Bus Damri turun di Terminal Sritanjung
- Oper bus arah ke Situbondo turun di depan Baru Dua Beach Hotel

Peta Lokasi Baru Dua Beach Hotel

Alamat Baru Dua Beach Hotel Banyuwangi


Jl. Raya Situbondo, Bulusan, Banyuwangi
Telp. 0341 922 3113



Artikel terkait:

TRAVELING MURAH BANYUWANGI, TABUHAN, DAN BALURAN 3 HARI DUA MALAM (3D2N): HARI PERTAMA (17 APRIL 2016)

REVIEW WISMA RUSA BALURAN: SENSASI MENGINAP DI TENGAH SABANA BEKOL BALURAN SITUBONDO

PERJALANAN TAK TERENCANA KE PULAU BALI 4 HARI 3 MALAM (4D3N): HARI PERTAMA (14 FEBRUARI 2014)

BACKPACKING MURAH PACITAN 2 HARI 3 MALAM (2D3N): HARI PERTAMA (17 OKTOBER 2014)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar