Rabu, 15 Juni 2016

CARA LENGKAP DAN JELAS NAIK BUS DI SINGAPURA (SINGAPORE)


Ada beberapa operator bus di Singapura. Dua di antaranya adalah yang kami naiki saat traveling kami ke Singapura Agustus 2015 lalu, yaitu SBS Transit & SMRT Buses.

Cara naiknya lumayan gampang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari halte terdekat dari tempat kalian


Di masing-masing halte, dengan jelas terpampang rute-rute kedua bus yang ada di seluruh Singapura. Cari bus yang melewati tempat kalian yang sekiranya bisa mengantarkan kalian ke tempat tujuan kalian. Jika tidak ada, berarti kalian harus oper. Dari peta tersebut, kalian bisa sekalian memutuskan dimana kalian harus turun untuk oper.

Cara naik bus di singapura
Peta rute bus yang ada di tiap halte

2. Bersiap-siaplah di halte untuk menunggu bus kalian


Setelah menemukan bus yang tepat, bersiaplah di halte dan pastikan kalian melihat baik-baik nomor bus yang terpampang dengan jelas di kaca depan bus. Jika sudah yakin bus kalianlah yang datang, persis seperti angkutan-angkutan umum di Indonesia, kita tinggal melambaikan tangan saja untuk menghentikan bus. Untuk rute-rute populer, biasanya kita akan mendapat banyak barengan. Setelah bus berhenti, pastikan kalian masuk dari pintu depan.

3. Siapkan alat pembayaran


- Jika kalian menggunakan uang tunai, lebih baik siapkan uang pas, karena bus ini tidak mengenal kembalian. Tempat uang terletak di samping sopir. Kalian tinggal memasukkan uang di tempat itu.
- Jika kalian memakai kartu, baik Singapore Tourist Pass (STP) maupun EZ-Link Card biasa, kalian tinggal menempelkan kartu di mesin pemindai yang ada di dekat pintu depan.

Baca juga:
SINGAPORE TOURIST PASS (STP): KARTU MRT UNTUK TRAVELING MURAH DI SINGAPURA

Tips naik bus di singapura dengan Singapore Tourist Pass

4. Pilih tempat duduk yang kalian inginkan atau bisa berdiri saja, terserah kalian.



5. Persiapan saat akan turun dari bus


Di beberapa tiang dan di beberapa dinding bus terdapat tombol yang bisa dipencet saat kalian akan turun. Caranya, sebelum sampai di halte tujuan, kalian harus memencet tombol tersebut. Saat tombol telah terpencet, maka otomatis sopir bus akan berhenti di halte selanjutnya. Setelah bus berhenti di halte tujuan, bersiap-siaplah turun.

Tidak seperti di Mass Rapid Transit (MRT), di bus ini tidak ada mesin pengeras suara yang memberitahukan halte selanjutnya atau halte tempat bus sedang berhenti. Karena itu, mau tidak mau kalian sendirilah yang harus aware di mana kalian akan berhenti. Jangan sampai terlewat ya. Lebih baik kurang satu halte daripada kelebihan.

Baca juga:
CARA NAIK MASS RAPID TRANSIT (MRT) DI SINGAPURA (SINGAPORE)

6. Akhir transaksi


- Jika kalian membayar tunai, kalian bisa langsung turun.
- Jika kalian memakai EZ-Link Card biasa, kalian harus sekali lagi memindai kartu tersebut di mesin pemindai yang ada di pintu belakang sebelum turun. Pada saat pemindaian terakhir inilah baru tampak berapa jumlah nominal yang terpotong. Karena itu lebih baik kalian memastikan saldo di kartu kalian cukup. Jika tidak cukup, maka mau tidak mau kalian harus menambal kekurangannya dengan uang tunai.
- Jika kalian memakai kartu Singapore Tourist Pass (STP), kalian juga harus memindai kartu tersebut di mesin pemindai yang ada di pintu belakang. Mesin akan menampilkan nilai nol sebagai nilai transaksi kalian. Meskipun tidak ada pemotongan, kalian tetap harus memindai kartu tersebut saat akan keluar, sebagai tanda transaksi di bus tersebut telah selesai.

Bagaimana? Lebih simpel apa lebih rumit jika dibandingkan dengan naik Mass Rapid Transit (MRT)? Mungkin memang sedikit lebih rumit ya. Tapi tetap ada kelebihannya lho, yaitu sebaran daerah yang dilalui bus tentunya jauh lebih luas jika dibandingkan MRT. Artinya, untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau MRT, mungkin saja kalian masih bisa menggunakan bus untuk mempermudah perjalanan kalian.

Selain itu, ketika naik bus, kalian tidak perlu masuk ke dalam peron seperti saat naik MRT, yang seringkali membuat kalian harus naik turun tangga. Keluar dari bus, kalian bisa langsung berada di pinggir jalan raya, dan tinggal melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya.



Artikel terkait:

STANDARD TICKET, KARTU MRT SEKALI PAKAI YANG BISA DIISI ULANG

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KEDUA (18 AGUSTUS 2015)

CARA NAIK MONOREL (MONORAIL) & LRT DI MALAYSIA

CARA NAIK BANGKOK MASS TRANSIT SYSTEM (BTS) ATAU SKYTRAIN DI BANGKOK, THAILAND


Tidak ada komentar:

Posting Komentar